Home » » ~Bagaimana Memahami orang lain dengan memahami diri sendiri~

~Bagaimana Memahami orang lain dengan memahami diri sendiri~

Written By Regina Kim on Kamis, 28 Juli 2011 | 18.40

Mungkin masih ingat di benak kita isi dari edisi pertama dimana Aa Gym menyebutkan salah satu resep membangun keluarga sakinah adalah dengan ILMU salah satunya dengan membaca buku baik buku agama ataupun buku Psikologi. Dan di edisi ini Alhamdulillah meskipun dengan sisa-sisa waktu yang ada kami masih bisa hadir untuk bersama-sama belajar memahami diri kita dan orang lain sehingga kita bisa menerapkan pada keluarga dalam lingkup kecil yaitu pasangan,anak dan orang tua.

Kita semua dilahirkan dengan ciri khas watak kita sendiri, bahan mentah kita sendiri, jenis batu kita sendiri. Beberapa diantara kita granit, beberapa lainnya marmer, beberapa lainnya lagi pualam, dan masih lainnya lagi batu pasir. Jenis batu kita tidak berubah, tetapi bentuk kita bisa diubah. Demikian pula dengan kepribadian kita. Kita mulai dengan rangkaian ciri khas bawaan kita masing-masing. Beberapa kualitas kita indah bertahtakan emas. Beberapa lainnya bercacat dengan garis kelabu. Keadaan kita, IQ kita, kebangsaan kita, ekonomi kita, lingkungan kita, dan pengaruh orangtua kita bisa mencetak kepribadian kita, tetapi batu dibawahnya sama.
Watak saya adalah diri saya yang sesungguhnya; kepribadian saya adalah pakaian yang saya kenakan. Saya bisa melihat ke cermin di pagi hari dan melihat wajah yang biasa-biasa saja, rambut lurus, dan tubuh gemuk. Itulah diri saya sesungguhnya. Syukurlah dalam waktu satu jam saya bisa bubuhkan makeup untuk menciptakan wajah yang warna-warni,saya bisa mengkriting rambut, dan saya bisa memakai gaun indah untuk menyamarkan terlalu banyak bagian tubuh yang menggembung. Saya telah mengambil diri saya yang sesungguhnya dan memberinya pakaian, tetapi saya belum secara permanen mengubah apa yang ada dibawahnya.
Kalau saja kita memahami diri sendiri :
Tahu siapa diri kita yang sesungguhnya
Tahu mengapa kita bereaksi seperti yang kita lakukan
Tahu kekuatan kita dan bagaimana meningkatkannya
Tahu kelemahan kita dan bagaimana cara mengatasinya
Kita bisa !!! Di edisi ini kita akan belajar dari buku personality plus yang akan menunjukkan kepada kita bagaimana cara memeriksa diri kita, bagaimana cara memoles kekuatan kita, bagaimana cara mengikis kelemahan kita. Setelah kita tahu siapa diri kita dan mengapa kita bertindak seperti cara kita melakukan, kita bisa mulai memahami jiwa kita, meningkatkan kepribadian kita, dan belajar menyesuaikan diri dengan orang lain. Kita tidak akan meniru orang lain, mengenakan gaun yang lebih ceria. Kita akan melakukan apa yang paling baik bisa kita lakukan dengan bahan mentah kita sendiri yang sudah ada.
Dimana kita mulai????
Sebelum kita mulai bagaimana mengembangkan diri kita, saya akan bercerita tentang pengarang buku yang sedang kita pelajari sekarang. Dia adalah Florence dan suaminya Fred. Awal dia menulis buku ini karena dia mempunyai masalah dengan suami. Dia berkata : “ kalau saja mungkin bisa membentuk kepribadian saya akan bentuk suami saya, Fred, dan saya sendiri sehingga menjd sempurna. Saya tahu bahwa seandainya dia mau mengendurkan ketegangan dan bersenang-senang kami akan punya kehidupan perkawinan yang baik; tetapi dia yang menginginkan agar saya yang meluruskan hidup dan serba teratur.
Hal-hal sepele bisa menjadi besar. Dalam bulan madu, kami bahkan berselisih paham tentang makan buah anggur! Saya selalu senang memetik anggur dan mencabutnya kalau ada yang menarik, ternyata bagi suami saya itu tidak benar. Dia berkata. U suka dengan anggur? Oh! Aku suka sekali, jawabku! Kalau begitu kurasa kau ingin tahu bagaiman cara makan anggur yang benar? Mendengar perkataan itu saya tersentak dari lamunan yang romantis dan mengajukan pertanyaan Apa yang salah?Orang memetik rangkaian sedikit demi sedikit, seperti ini. fred mengeluarkan pemotong kuku dan memotong rangkaian kecil buah anggur. Sambil dia berdiri dengan bangga melihatkan ke saya. Saya bertanya : “ apakah ini membuat anggur terasa lezat?”. “ ini bukan masalah rasa. Cara kau memetik tadi merusak rangkaian. Saya berkata :” siapa peduli sih??” Muka Fred berubah merah dan dia menghela napas sambil berkata “ Aku peduli!! Dan itu seharusnya cukup”. 
Fred benar-benar mempedulikan setiap perincian dalam hidup dan kehadiran saya sudah merusak keteraturannya. Dia berusaha meningkatkan diri saya, saya berusaha membuat dia seperti saya. Tetapi tidak seorangpun diantara kami yang membaik. 
Baru setelah kami membaca buku spirit controled temperament mata kami mulai terbuka atas apa yang kami lakukan. Kami tidak menyadari bahwa seseorang bisa berbeda dan tidak ada yang salah. Saya orang sanguinis yang mencintai kesenangan dan kegembiraan, Fred orang melankolis yang ingin hidup serius dan serba teratur. Tidak heran kalau kami tidak saling bersesuaian! Bukan hanya kami saling berlawanan dalam kepribadian tetapi masing-masing dari kami adalah satu-satunya yang benar. Dapatkah anda bayangkan perkawinan seperti itu? 
Alangkah leganya kami setelah menemukan bahwa ada harapan bagi kami, kami bisa saling memahami watak lain dan saling menerima kepribadian lainnya. Sementara kami mulai berubah, kami mulai mengajar, menulis tentang watak dan kepribadian salah satunya buku Personality plus dimana hsl dr 25 thn kami mmemberi penyuluhan kepribadian.
Dari cerita pengarang buku personalita plus, florence diatas kita bisa tahu bahwa setiap orang mempunyai masalah dalam berhubungan dengan pasangan, hanya tergantung bagaimana respon kita manghadapi masalah. Florence dan fred bisa berubah hidupnya karena masing-masing dari mereka berusaha belajar memahami yang lain, tidak merasa paling benar, mau berkomunikasi dan menurunkan ego masing-masing.
Di bukunya, florence mengajak kita mengetes kepribadian kita sehingga kita bisa memahami diri sendiri dan nantinya bisa memahami orang lain, dalam lingkup terkecil adalah anggota keluarga seperti pasangan, dan anak2 sehingga tercipta keluarga yang harmonis. Tidak lupa selalu berdoa meminta perlindungan dari Allah sehingga keluarga kita bisa terhindar dari hal-hal yang tidak Allah ridhoi. Ada 4 jenis kepribadian yang digolongkan oleh Florence yaitu sanguinis, melankolis, koleris dan plegmatis. Apakah kita orang sanguinis yang selalu bergembira, melankolis yang mengejar kesempurnaan, koleris dengan bakat pemimpin atau plegmatis yang bahagia menerima kehidupan. Tidak peduli siapa diri kita, kita punya sesuatu untuk dipelajari.
Kekuatan
1. Adventurous adaptable animated analitical
2. Persistent playful persuasive peaceful
3. Submissive selfsacrificing sociable strong willed
4. Considerate controlled competitive convicing
5. Refreshing respectful reserved resourceful
6. Satisfied sensitive self reliant spirited
7. Planner patient positive promoter
8. sure spontaneous schedule shy
9. orderly obliging outspoken optimistic
10.friendly faithful funny forceful
11.daring delightful diplomatic detailed
12.cherful consistent cultured confident
13.Idealistic independent inoffensive inspiring
14.demonsrative decisive dry humor deep
15.mediator musical mover mixes easily
16.thoughtful tenacious talker tolerant
17.listener loyal leader lively
18.contented chief chartmaker cute
19.perfectionist pleasant productive popular
20.Bouncy bold behaved balanced
Kelemahan
21.Blank bashful brassy Bossy
22.undisciplined unsympathetic unenthusiastic unforgiving
23.reticent resentful resistant repetitious
24.fussy fearful forgetful frank
25.impatient insecure indecisive interupts
26.unpopular uninvolved unpredictable unaffectionate
27.headstrong haphazard hard to please heistant
28.plain pessimistic proud permissive
29.Angered-easily aimless argumentative alienated
30.naive negative-attd nervy nonchalant
31.worrier withdrawn workaholic wantscredit
32.too sensitive tactless timid talkative
33.doubtful disorganized domineering depressed
34.inconsistent introvert intolerant indifferent
35.messy moody mumbles manipulative
36.slow stubborn show-off skeptical
37.loner lordover lazy loud
38.sluggish suspicious shorttempere scatterbrained
39.revengeful restless reluctant rash
40.compromising critical crafty changeble
Nb : anda mungkin kaget!! Test diatas menggunakan bahasa inggris karena untuk keringkasan kata. Jangan khawatir arti setiap kata diberikan pada halaman lampiran. Untuk hasil yang baik baca dengan cepat kemudian pilih. Setelah itu pindahkan pilihan anda pada lembar penilaian di belakang lampiran arti bahasa inggris. Kemudian lihat mana hasil terbanyak baru anda bisa melanjutkan membaca kepribadian yang dominan di kekuatan dan kelebihan.Untuk menjadi sukses belajar dibutuhkan pengorbanan yaitu sabar dan ulet.Selamat mencoba!!!


Kepribadian sanguinis populer
Ekstrovert-membicara-optimis
Kekuatan
Emosi : kepribadian yang menarik Suka bicara
Rasa humor yang hebat
Ingatan kuat untuk warna
Emosional dan demonstrative
Antusias dan ekspresive
Periang dan penuh semangat
Penuh rasa ingin tahu
Lugu dan polos
Mudah diubah
Berhati tulus
Selalu kekanak-kanakan
Di pekerjaan : Sukarelawan
Memikirkankegiatan baru
Tampak hebat di permukaan
Kreatif dan inovatife
Punya antusias
Mulai dengan cara cemerlang
Mengilhami orang untuk ikut
Mempesona orang lain untuk bekerja
Sebagai teman :Mudah berteman
Mencintai orang
Suka dipuji
Tampak menyenangkan
Dicemburui orang lain
Bukan pendendam
Cepat minta maaf
Mencegah saat membosankan
Suka kegiatan spontan
Sebagai orang tua : Membuat rumah menyenangkan
Disukai teman anak-anak
Mengubah bencana menjd humor


Kepribadian melankolis sempurna
Introvert-pemikir-pesimis
kekuatan
Emosi : mendalam dan penuh pemikiran
Analitis
Serius dan tekun
Berbakat dan kreatif
Puitis dan artistik
Perasa terhadap orang lain
Suka berkorban
Idealis
Di pekerjaan : berorientasi jadwal
Perfeksionis,standar tinggi
Gigih cermat
Tertib dan terorganisasi
Teratur 
Ekonomis
Melihat masalah
Mendapat pemecahan kreatif
Suka grafik,diagram, daftar
Sebagai orang tua : Menetapkan standart tinggi
Ingin segalanya benar
Menjaga rumah selalu rapi
Merapikan barang anak2
Mendorong bakat dan IQ
Sebagai teman : Hati2 dalam berteman
Menghindari perhatian
Setia dan berbakti
Mau dengar keluhan
Bisa memecahkan masalah


Kepribadian koleris kuat
Ekstrovert- pelaku- optimis
Kekuatan
Emosi : bakat pemimpin
Dinamis dan aktif
Sangat perlu berubah
Harus memperbaiki kesalahan
Berkemauan kuat dan tegas
Tdk emosional bertindak
Tdk mudah patah semangat
Bebas dan mandiri
Memancarkan keyakinan
Bisa menjalankan apa saja
Di pekerjaan : Berorientasi target
Terorganisaasi dengan baik
Mencari pemecahan praktis
Bergerak cepat bertindak
Mendelegasikan pekerjaan
Menekankan pada hasil
Berkembang krn ada saingan
Sebagai orang tua : Kepemimpinan kuat
Menetapkan tujuan
Memotivasi keluarga
Tahu jawaban yang benar
Mengorganisasi rumah tangga
Sebagai teman : tidak terlalu perlu teman
Mau bekerja untuk kegiatan
Mau memimpin
Biasanya selalu benar
Unggul dalam keadaan darurat


Kepribadian plegmatis damai
Introvert- pengamat-pesimis
Kekuatan
Emosi : rendah hati
Mudah gaul dan santai
Diam tenang dan sabar
Hidup konsisten
Tenang tapi cerdas
Simpatik dan baik hati
Menyembunyikan emosi
Bahagia menerima kehidupan
Serba guna
Di pekerjaan : cakap dan mantap
Damai dan mudah sepakat
Punya kemampuan administrative
Menjadi penengah masalah
Menghindari konflik
Baik di bawah tekanan
Sebagai orang tua : Orang tua yang baik
Menyediakan waktu untuk anak2
Tdk tergesa-gesa
Bisa mengambil yang baik dari yang buruk
Tidak mudah marah
Sebagai teman : Mudah diajak bergaul
Menyenangkan
Tidak suka menyinggung
Pendengar yang baik
Selera humor yang menggigit
Suka mengawasi orang
Punya banyak tem 

RENCANA KEPRIBADIAN
CARA MENGATASI KELEMAHAN KITA

SANGUINIS:
1. Tidak ada tindak lanjut : mempunyai rencana yang cemerlang tapi sulit untuk menindak lanjuti
2. Merasa mjd orang tanpa kesalahan :kelompok yang menyukai kesenangan, kepribadian yang memikat, meraka tidak benar-benar percaya punya kesalahan besar.
3. Terlalu banyak bicara 
Pemecahannya :
• bicaralah separuh dari sebelumnya. 
kita bisa belajar dari akhlaq rasulullah Muhamad. Aisyah pernah bercerita nabi menyatakan sebuah pernyataan yang seandainya tukang hitung menghitungnya tentu bisa.
Ingatlah orang cerdas adalah bukan karena kepandaiannya bicara tapi mau mendengar dan memperhatikan orang lain.
• Mengawasi tanda-tanda kebosanan
Orang sanguinis suka bercerita dan menjadi objek bagi orang lain, kadang2 lupa apakah pendengar anda enjoy dengan ceritanya. Kalau pendengar anda berdiri berjingkat2, ijin ke toilet tidak kembali,dll. Tanda2 itu tidak sulit diperhatikan kalau anda sudah memikirkan kemungkinan itu
• Meringkas komentar anda
Orang tipe ini menganut slogan “ menceritakan kepada orang lain adalah separuh kesenangan”. Sehingga jarang membuat sederhana.cenderung membesar-besarkan drama hingga malu jika tidak memberi bumbu2 apapun.buatlah persetujuan kalau saya berada di tengah-tengah kisah yang menyenangkan dan tiba2 terhenti saya tidak akan melanjutkan kecuali ada yang minta untuk diteruskan
• Berhenti membesar-besarkan
Karena begitu banyak bumbu2 dalam pernyataan orang sanguinis sampai ada yang bilang jangan percaya sepatah katapun yang diucapkan orang sanguin. Bukankah ini sangat memalukan? Bukankah sangat disayangkan tidak dipercaya menyatakan kebenaran? 
4. mementingkan diri sendiri
Pemecahannya :
• Perasalah terhadap kepentingan orang lain
• Belajarlah mendengar
5. Ingatan yang belum dikembangkan
Pemecahan:
• Perhatikan nama. Alasan mengapa tidak bisa ingat nama karena tidak mendngar dan tidk peduli
• Menulis segalanya
• Jangan melupakan anak-anak
6. Tidak tetap pikirannya dan pelupa
Pemecahannya:
• Bacalah buku persahabatan
Punya banyak teman karena mereka menyenangkan,tetapi mereka bukan teman yang baik. Mereka lenyap jika ketika diperlukan atau ada kesulitan
• Dahulukan kepentingan orang lain
7. menyela dan menjawab untuk orang lain
• Jangan berpikir anda harus mengisi semua kekosongan
8. tidak tertib dan tidak dewasa
• Mungkin sekali orang sanguinis untuk sukses hanya satukan hidup anda, jangan menunggu besok lakukan sekarang
• Tumbuh dewasa. Tdk lari dari masalah, berani menghadapi sambil berseru kepada tuhan meminta kekuatan.
MELANKOLIS
1. Mudah tertekan
Pemecahannya :
• Sadarilah tidak ada yang suka pada orang berwajah muram
• Jangan cari kesulitan. Orang melankolis sering berpikir negatif dan memasukkan ke hati.jika kita mengingat hal2 negatif kita akan mudah depresi.isilah dengan pikiran positif
• Jangan mudah sakit hati
Orang melankolis kesulitan dalam berhubungan dengan orang sanguinis yang terlalu blak2an dan dengan humor orang plegmatis yang menggigit. Banyak orang melankolis berusaha sakit hati dengan merasa dirinya diabaikan dan ditinggalkan.
2. Punya citra diri yang rendah
Pemecahan :
carilah rasa tidak aman anda. Tingkatkan kepercayaan diri anda
yakinlah orang melankolis punya potensi yang besar untuk sukses jangan menjadi musuh bagi diri anda sendiri.
3. Menunda-nunda
Pemecahan :
• jangan terlalu merencenakan tapi tidak bertindak karena takut salah. Ingatlah kita belajar dari kesalahan. Alessandro volta menemukan lampu setelah percobaan ke 799 dan dia akhirnya berhasil. Jangan takut mencoba. Jika kita mencoba ada 2 kemungkinan gagal atau berhasil tapi kalau kita tidak mencoba sama sekali maka hanya satu jawabannya gagal
4. Suka mengajukan tuntutan tidak realistis kepada orang lain
Pemecahannya : 
• kendurkan standar anda
tidak ada orang sempurna didunia ini, kita tidak bisa memaksakan diri kita kepada orang lain. Ibarat sebuah frame kotak diisi dngan frame bentuk segitiga tidak akan bisa pas. Yang bisa kita lakukan memahami orang lain.
• Bersyukurlah karena anda memahami watak anda
Jika orang melankolis mulai memahami mengapa orang lain berperilaku dan bereaksi berbeda mereka bisa menangani hubungan dengan keluarga pasangan anak dan teman2 dengan cara yang positif.
KOLERIS
1.Pekerja Keras 
Pemecahan :
• Belajarlah rileks.
Orang koleris pekerja yang hebat dan bisa berprestasi melebihi orang dari watak manapun, tetapi pada sisi negatif tidak pernah bisa rileks. Duduk2 merasa bersalah, kehidupan dibuat untuk terus berproduksi.Orang koleris tidak pernah malas tetapi dia perlu menyadari bahwa dia tidak hrs bekerja sepanjang waktu.
• Singkirkan tekanan dari orang lain
Dari segi pandangan bisnis cinta kepada kemajuan menjadikan orang koleris raja jalanan. Apakah dia wanita atau pria dia bisa mencapai prestasi lebih banyak dalam waktu singkat dr watak manapun. Tekad bulat dalam mengejar tujuan tidak membiarkan apa pun mjd penghalang, hal inilah yang bisa merugikan orang lain. Orang koleris harus bekerja tetapi tidak menjadi pecandu kerja supaya orang lain bisa menikmati saat bersama mereka.
• Rencanakan kegiatan waktu senggang
Anda merasa rileks dan tidak merasa bersalah
2. Harus terkendali
Pemecahan :
• Menanggapi kepemimpinan orang lain
Orang koleris hrs belajar menyesuaikan diri dengan situasi sosial dan rileks ketika tidak memegang kendali dan kepemimpinan yang bukan pilihan sendiri
• Jangan menyepelekan si tolol
Salah satu kelemahan orang koleris adalah merasa dirinya benar dan orang yang tidak seperti dia salah atau tolol. Sikap sok inilah yang bisa menyebabkan kerusakan psikologis pada orang2 dibawah kekuasaanaya. Tidak tahan dengan kelemahan orang lain adalah kelemahan orang koleris. Dan menololkan orang lain adalah favoritnya
• Berhentilah memanipulasi
Orang koleris punya cara yang menakjubkan untuk memaksa orang lain melakukan banyak hal tanpa menyadari bagaimana mereka bisa dibujuk.
3. Tidak tahu cara menangani orang lain
• Latihlah sabar
• Simpanlah nasehat sampai diminta
Karena orang koleris mempunyai dorongan yang kuat untuk mengoreksi yang salah dia mengandaikan setiap orang yang bermasalah akan menyukai pemecahan. Tunggulah sampai orang meminta dan butuh nasehat kita.
• Perlunaklah cara pendekatan anda. 
Orang koleris cenderung memimpin sehingga dalam pendekatan selalu dengan nada suruhan meskipun pada orang yang lebih tua sehingga terkesan kaku dan jahat bagi orang lain.
• Berhenti bertengkar dan menimbulkan kesulitan
Orang koleris cenderung menyukai kontroversi dan pertengkaran dan apakah mereka melakukannya untuk senang2 atau serius perbuatan membangkit-bangkitkan masalah ini merupakan ciri khas yang negatif
4.Benar tapi tidak populer
pemecahan :
• biarkan orang lain benar
• belajarlah minta maaf
• Akuilah anda punya kesalahan
PLEGMATIS
Kelemahan :
1. seperti tidak ada semangat hidup. Milikilah antusiasme
2. menolak perubahan. Cobalah sesuatu yang baru
3. tampak malas.
Pemecahan :
• belajarlah menerima tanggung jawab hidup
• jangan menunda
• motivasilah diri anda
4. punya kemauan baja yang tenang
pemecahan :
• belajarlah mengkomunikasikan perasaan anda.
Masalah yang mendasar di bawah sifat keras kepala orang plegmatis tidak bersedia komunikasi. Karena dia selalu mengambil cara perlawanan seminimal mungkin dan menghindari kontroversi. Dia merasa lebih mudah untuk diam mengenai perasaaannya.dengan membisu seribu bahasa orang tipe ini menghindari banyak masalah pada waktu itu, tetapi dengan menyembunyikan perasaan tidak mau komunikasi dia mematikan hubungan dengan orang lain. Dalam kehidupan berumah tangga orang plegmatis setiap ada masalah sebaiknya komunikasikan langsung dan selesaikan masalah pada saat itu juga jangan sampai masalah menumpuk hingga menjadi besar. Membiarkan masalah bukan cara yang tepat untuk menyelesaikan tapi komunikasi adalah cara yang tepat untuk menyelesaikannya. Anda tidak bisa lari dari masalah, tapi anda harus menghadapinya.
5. tampak tidak pendirian
• berlatihlah buat keputusan
• belajar katakan tidak


KITA TIDAK SUKA DIBATASI!

Belajar kepribadian diatas bukan bermaksud membuat kotak-kotak kecil dalam hidup kita. Membatasi kita di dalam pagar tapi bermanfaat untuk melihat jenis apa kotak yang kita tempati, dan bagaimana cara kita keluar dari sana. Sementara kita menyadari betapa kita terpenjara oleh kelemahan dasar kita, kita berusaha membuka pintu dan berani keluar ke halaman di rumah sebelah.
Ketika kita menikah
Setelah mulai dari kecil hingga dewasa kita membangun kotak kita sendiri, apakah mengherankan kita menikah dengan seseorang dari kotak yang berbeda dan kita menemukan bahwa kita tidak secara otomatis saling bersesuaian ?
Kita memasuki perkawinan dari ruang2 yang berbeda, dan bahkan dalam bulan madu kita bertanya2 dalam hati berapa cepat yang lain akan menyesuaikan diri dengan kita. Kita mungkin tidur diatas ranjang yang sama, tetapi kita memasang pagar di sekeliling kita.
Seorang wanita berkonsultasi pada Florence menceritakan kisah berikut : Sylvia adalah seorang melankolis yang menginginkan kesempurnaan dan perasa, bertemu dengan suami, Bud, yang plegmatis damai dimana punya rasa humoris yang menggigit dan sulit mengungkapkan perasaannya. Di saat-saat bersama tiba-tiba Bud mengeluarkan humor seperti biasa yang mungkin menurut orang sangunis dengan sifat ceria dan blak-blakan humor Bud tidak menimbulkan masalah tapi bagi Sylvia yang perasa merasa perkataan suaminya menyinggung perasaannya dan suasana yang santai mendadak berubah tegang seketika. Si suami yang bersifat santai, damai, dan tidak ingin bertengkar hanya diam sambil senyum karena merasa guyonannya wajar. Justru bagi orang melankolis sempurna yang perasa membuat semakin tertekan. Sylvia mencintai pria baik seperti Bud tapi dia tidak tahu dia akan membawa kotaknya, begitupun juga dengan Bud.
Untuk bisa membangun kehidupan keluarga yang harmonis dan tercipta suasana yang kondusif antara pasangan, anak, orng tua yang harus kita lakukan adalah:
1.Memahami watak dasar kita tidak memagari diri kita
Hal ini membuka pintu gerbang pada didnding pelindung kita; hal itu menyebabkan kita menerima diri kita dan orang lain secara realistis, dan hal itu memperlihatkan kepada kita bagaimana mengantisipasi masalah dan menanganinya sebelum terjadi. Pikirkanlah betapa kita diselamatkan dari rasa sakit hati kalau kita mengatasi sekumpulan hal sepele sebelum menggunung menjadi krisis!
2. Akuilah kelemahan Anda
Langkah pertama dalam peningkatan diri dari jenis manapun adalah menemukan bidang-bidang kelemahan anda dan mengakui bahwa anda memilikinya. Penolakan untuk menyelidiki kesalahan kita mencegah kita melakukan apa saja yang positif tentang hal itu. Merupakan hal yang merendahkan diri mengakui kelemahan kita tetapi mengakui bahwa kita telah melakukan kesalahan bertahun-tahun itulah langkah pertama untuk tumbuh menjadi lebih dewasa. Orang yang tidak matang menyalahkan orang tua, teman hidupnya, anak-anaknya, teman-temannya, keadaannya, untuk apa yang menyebabkan mereka tidak menjadi apa yang mereka harapkan. Seorang yang dewasa menyelidiki dirinya, menemukan kesalahannya, dan melakukan usaha untuk memperbaikinya.
3. Mari kita buat rencana pribadi
Setelah anda memahami watak dasar dan memberi penilaian diri anda, anda sudah siap mengambil langkah untuk meningkatkan apa yang positif dan mengurangi apa yang negatif. Tinjaulah profil kepribadian Anda.
4. Meninjau kekuatan Anda.
Buatlah daftar kekuata anda. Kalau anda telaah ini bersama keluarga Anda atau sebuah kelompok, jadikan ini diskusi tentang kekuatan setiap orang, dan Anda perlu saling memberikan dorongan kepada lainnya dengan pujian yang tulus.
Bersyukurlah kepada Allah untuk kemampuan yang sudah Allah berikan dan terimalah kekuatan itu. Diantara kita cenderung memukul diri sendiri dan berkaa “ tidak ada hal yang baik pada diri saya “ubahlah sikap ini seketika. Ada kebaikan pada diri kita. Anda tidak perlu merasa tidak berharga karena Allah adalah maha pencipta dan apa yang diciptakan adalah sebaik-baiknya. Dan Allah tidak bermaksud agar kita membuang-buang waktu untuk menyangkal diri sendiri. Pertanyaan untuk kita adalah apakah kita telah menggunakan kemampuan yang diberikan Allah sepenuhnya?
6. Evaluasilah kelemahan Anda
Apapun watak pribadi anda, berpikirlah dalam-dalam dan dengan jujur tentang kelemahan Anda, dan tuliskan 3 diantaranya yang paling perlu untuk peningkatan. Kalau anda benar-benar tidak sabar ingin memiliki kepribadian yang lebih menyenangkan, bersedialah untuk minta pertolongan kepada orang lain.
7. Carilah pendapat orang lain
Beranilah untuk bertanya kepada orang lain mungkin pada suami yang lebih tahu keseharian kita sekaligus semakin menguatka komunikasi, “ kalau saya akan menggarap salah satu bidang kepribadian saya, menurut pendapat anda dari mana saya harus memulai?” Kemudian lakukan hal yang paling sulit yang ahrus anda lakukan. Dengarkanlah!!!
8. Rencanakan langkah-langkah anda untuk peningkatan pribadi
9. Mintalah bantuan kepada keluarga Anda
Tidak ada yang lebih menarik daripada jiwa yang mudah diberi pelajaran-orang yang minta koreksi dan menerimanya dengan rasa terima kasih. 
Kalau anda mempunyai jiwa seperti ini, langkah meminta koreksi dari keluarga akan mudah; kalau tidak, anda harus berdoa minta jiwa yang benar di dalam diri anda sebelum minta tolong. Sadarilah mungkin keluarga anda mula2 tidak menganggap serius diri anda, tapi tetaplah berusaha.
Kalau anda orang sanguin yang tidak punya tekad untuk mematuhi tindakan koreksi anda harus perlihatkan dedikasi yang sesungguhnya terhadap peningkatan sebelum mereka mempercayai anda.
Kalau anda orang melankolis, anda pernah memanipulasi klg anda dengan suasana hati anda begiitu lama sehingga mereka tidak berani mengatakan hal negatif diri anda karena takut jangan-jangan membuat jiwa anda tertekan. Untuk mendapat kerjasama mereka anda harus tersenyum dalam keadaan tidak menyenangkan dan memperlihatkan dalam keadaan dalam kesulitan.
Kalau anda orang koleris, mungkin anda telah mengontrol keluarga anda dengan tangan besi, dan tdk ada orang yang berani menentang anda karena takut jangan2 anda meledakkan kemarahan. Anda harus mendahului permintaan anda dengan “ Saya berjanji tidak akan kesal kalau kalian memberi saya pendapat yang jujur, Saya ingin berubah menjadi lebih baik.”
Kalau anda orang plegmatis anda jangan takut membuat orang lain marah dengan tidak mengungkapkan perasaan, justru menganggap seolah2 tidak ada masalah dan tidak mengkomunikasikanlah anda menambah masalah dan tidak pernah belajar menyelesaikan masalah. Sedang masalah diberikan Allah untuk kita bertambah dewasa.
10. Mendorong pendapat yang jujur.
Marilah kita keluar dari bilik topeng kita dan berani berubah. Kita tidak perlu dipagari oleh kegagalan kita di masa lalu; kita perlu melangkah ke luar ke dalam bidang potensi di masa depan.
Orang yang cinta kepada pengetahuan senang mendapat teguran, tetapi orang yang tidak suka ditegur adalah orang yang dungu.

BAGAIMANA CARA MENYESUAIKAN DIRI DENGAN ORANG LAIN

SANGUINIS :
• Kenali kesulitan mereka dalam menyelesaikan tugas
Selalu paling baik memperkerjakan orang sanguinis di bidang yang memengkinkan mereka bersinar dam hindarkan dari tugas terinci yang menuntut pengaturan waktu setepat-tepatnya.
• Sadarilah mereka bicara tanpa berpikir dahulu
• Sadarlah mereka menyukai variasi dan fleksibilitas
Kalau anda menginginkan kegembiraan, variasi, dan saat yang tidak pernah membosankan sanguinis populer adalah orang yang sesuai.
• Bantulah mereka agar tidak menerima lebih dari yang bisa mereka lakukan
• Jangan harap mereka mengingat janji pertemuan dan tepat waktu
• Pujilah mereka untuk segala sesuatu yang mereka capai
Dengan anak sanginis penting sekali mengakui apa yang telah dia capai meskipun buruk yang mereka kerjakan. Pujilah hal sepele hari ini mungkin besok dia akan melakukan sedikit lebih baik
• Ingat bahwa mereka orang yang terpengaruh keadaan
Setelah anda menyadari betapa cepat emosi mereka berubah, anda tidak akan bereaksi secara berlebihan terhadap histeri mereka.
• Bawakan mereka hadiah: mereka menyukai mainan baru
• Terimalah mereka suka menceritakan kesalahannya sendiri yang mungkin memalukan bagi orang lain
• Sadarilah bahwa mereka bermaksud baik
MELANKOLIS :
• Ketahuilah mereka perasa dan sakit hati
• Sadarilah bahwa mereka diprogram dengan sikap pesimistis
• Belajarlah berurusan dengan tekanan jiwa
Sadarilah mereka butuh bantuan
Jangan berusaha menggembirakan mereka. Kita harus ikut masuk dalam lubang bersama mereka, mengatakan kita mengerti perasaan mereka(tdk menyalahkan)dan kemudian naiklah bersama-sama.
Memberi dorongan untuk menyatakan perasaan
Jangan sekali-kali mengatakan mereka tolol
• Pujilah mereka dengan tulus dan penuh kasih sayang
• Terimalah kenyataan kadang2 mereka suka kesunyian
• Sadarilah kerapian itu perlu karena orang melankolis sangat ingin semua rapi
KOLERIS :
• Akuilah mereka berbakat pemimpin
• Bersikeraslah melakukan komunikasi dua arah
• Ketahuilah bahwa mereka tidak bermaksud menyakiti
• Jangan memaksa kemujuran anda. Kalau hubungan anda dengan orang koleris berjalan lancar jangan mencari2 kesulitan atau mungkin mencetuskan reaksi negatif
• Berusahalah membagi tanggung jawab. Orang koleris mau bekerja tapi kalau tugasnya tidak jelas akan timbul konflik
• Sadarilah mereka tidak penuh belas kasihan
• Ketahuilah bahwa mereka merasa selalu benar
PLEGMATIS :
• Sadarilah mereka butuh motivasi langsung
• Bantulah mereka menetapkan tujuan dan memperoleh imbalan
• Jangan mengharap antusiasme
• Sadarilah mereka suka menunda-nunda
• Paksalah mereka membuat keputusan
• Jangan menumpuk kesalahan pada mereka
• Doronglah mereka menerima tanggung jawab

Cukup disini edisi kedua kita, jika anda merasa bingung mengikuti tes kepribadian anda bisa bertanya pada orang yang mungkin sudah pernah mengikuti tes kepribadian ini. Kami selaku penulis hanya bisa berharap kita semua diberi hidayah oleh Allah untuk bisa berbuat lebih baik dari hari kehari. Tercipta keluarga yang harmonis yang suka dengan ilmu dan terus belajar.
Orang sukses adalah orang yang berbuat lebih baik dari hari kemarin. Karena jika kita berbuat sama seperti hari ini maka kita tergolong orang yang merugi dan jika lebih buruk dari kemarin maka kita termasuk orang yang celaka.
Jika anda ingin tahu lebih lengkap anda bisa menjadikan tambahan koleksi buku keluarga anda buku personality plus florence L. 
Jangan ragu-ragu untuk menginvestasikan rezeki kita untuk membeli buku karena buku adalah teman duduk yang tidak akan memujimu dengan berlebihan, sahabat yang tidak akan menipumu, dan teman yang tidak akan membuatmu bosan. Dia adalah teman yang sangat tolerant yang tidak akan mengusirmu, dia adalah tetangga yang tidak akan menyakitimu, dan dia adalah teman yang tidak akan memaksamu mengeluarkan apa yang kita miliki. Dia tidak akan memperlakumu dengan tipu daya, tidak akan menipumu dengan kemunafikan, dan dia tidak akan membuat kebohongan. Selamat membaca dan semoga bahagia.
Di edisi depan insya Allah kami hadir dengan mengupas buku “ Seni Merajut Cinta, Karya Khalid As-Sayyid Abdul ‘Aal”.

Lampiran
Definisi kata test kepribadian

Kekuatan
1.
Adventures. Orang yang mau melakukan sesuatu hal baru dan berani dengan tekad untuk menguuasainya.
Adaptable. Mudah menyesuaikan diri dan senang dalam setiap situasi
Animated. Penuh kehidupan, sering menggunakan isyarat tangan,lengan dan wajah secara hidup
Analytical. Suka menyelidiki bagian hubungan yang lodis dan semestinya
2.
Persistent. Melakukan sesuatu sampai selesai sebelum memulai lainnya
Playful. Penuh kesenangan dan seleras humor yang baik
Persuasive. Meyakinkan orang dengan logika dan fakta,bukannya pesona atau kekuasaan
Peaceful. Tampak tidak terganggu dan tenang serta menghindari setiap bentuk kekacauan
3.
Submissive. Dengan mudah menerima pandangan atau keinginan orang lain tanpa banyak perlu mengemukakan pendapat sendiri
Self-sacrificing. Bersedia mengorbankan diri demi atau untuk memenuhi kebutuhan orang lain
Sociable. Orang yang memandang bersama orang lain sebagai kesempatan untuk bersikap manis dan menghibur, bukannya sebagai tantangan atau kesempatan bisnis.
Strong-willed. Orang yang yakin akan cara sendiri.
4.
Considerate. Menghargai keperluan dan perasaan orang lain
Controled. Mempunyai perasaan emosional tetapi jarang memperlihatkannya.
Competitive. Mengubah setiap situasi, kejadian, atau permainan menjadi kontes dan selalu bermain untuk menang.
Convincing. Bisa merebut hati Anda melalui pesona kepribadian.
5.
Refreshing. Memperbaharui dan membantu atau membuat orang lain merasa senang
Respectful. Mempemalukan orang lain dengan rasa segan, kehormatan dan penghargaan
Reserved. Menahan diri dalam menunjukkan emosi atau antusisme
Resourceful.Bisa bertindak cepat dan efektif boleh dikata dalam semua situasi.
6.
Satisfied. Orang yang mudah menerima keadaan atau situasi apa saja.
Sensitive. Secara intensif memperhatikan orang lain, dan apa yang terjadi
Self- reliant. Orang mandiri yang bisa sepenuhnya mengandalkan kemampuan, penilaian, dan sumber dayanya sendiri.
Spirited. Penuh kehidupan dan gairah.
7.
Planner. Memilih untuk mempersiapkan aturan-aturan yang terinci sebelumnya dalam menyelesaikan proyek atau target, dan lebih menyukai keterlibatan dengan tahap-tahap perencanaan dan produk jadi, bukannya melaksanakan tugas.
Patient. Tidak terpengaruh oleh penundaan, tetap tenang dan toleran.
Positive. Mengetauhi segala-galanya akan beres kalau dia yang memimpin
Promoter. Mendorong atau memaksa orang lain mengikuti, bergabung, atau menanam investasi melalui pesona kepribadiannya.
8.
Sure. Yakin, jarang ragu-ragu atau goyah.
Spontaneus. Memilih agar semua kehidupan merupakan kegiatan yang impulsif, tidak dipikirkan lebih dahulu, dan tidak dihambat oleh rencana.
Schedule. Membuat, dan menghayati menurut rencana sehari-hari tdk menyukai rencana terganggu
Shy. Pendiam, tidak mudah terseret ke dalam percakapan.
9.
Orderly. Orang yang mengatur segala-galanya secara metodis dan sistematis
Obliging. Bisa menerima apa saja. Orang yang cepat melakukannya dengan cara lain
Outspoken. Bicara terang-terangan dan tanpa menahan diri.
Optimistic. Orang yang periang dan meyakinkan dirinya dan orang lain bahwa segala-galanya akan beres
10
Friendly. Orang yang menanggapi dan bukan orang yang punya inisiatif, jarang memulai percakapan
Faithful.Secara konsisten bisa diandalkan, teguh, setia, dan mengapdi kadang-kadang tanpa alasan.
Funny. Punya rasa humor yang cemerlang dan bisa membuat ceria apa saja menjadi peristiwa yang menyenangkan. 
Forceful. Kepribadian yang mendominasi dan menyebabkan orang lain ragu-ragu untuk melawannya. 
11 
Daring. Bersedia mengambil rikiko, tak kenal takut, berani.
Delighiful. Orang yang menyenangkan sebagai teman. 
Diplomatic.Berurusan dengan orang lain secara penuh siasat, perasa, dan sabar. 
Detailed. Melakukan segala-galanya secara berurutan dengan ingatan segala hal yang terjadi.
12.
Cheerful.secara konsisten memiliki semangat tinggi dan mempromosikan pada orang lain
Consistent. Tetap memiliki keseimbangan secara emosional, menanggapi sebagaimana yang diharapkan orang lain
Cultured. Orang yang perhatiannya melibatkan tujuan intelektual dan artistik, seperti teater, simfoni, balet.
Confident. Percaya diri dan yakin akan kemampuan dan suksesnya sendiri.
13.
Idealistic. Memvisualisasikan hal-hal dalam bentuk yang sempurna dan perlu memenuhi standar itu sendiri.
Independent. Memenuhi diri sendiri, mandiri, penuh kpercayaan diri,dan rupanya tidak begitu memerlukan bantuan.
Inoffensive. Orang yang tidak pernah mengatakan atau menyebabkan apa pun yang tidak menyenangkan atau menimbulkan rasa keberatan.
Inspiring. Mendorong orang lain untuk bekerja, bergabung, atau terlibat, dan membuat seluruhnya menyenagkan.
14
Demontrative. Terang-terangan amenyatakan emosi, terutama rasa sayang dan tidak ragu-ragu menyentuh orang lain ketika bicara kepada mereka .
Decisive. Orang yang mempunyai kemampuan membuat penilaian yang cepat dan tuntas.
Dry humor. Memperlihatkan “kepandaian bicara yang menggigit” biasanya kalimat satu baris yang sifatnya sarkatis.
Deep. Intensif dan introspektif tanpa rasa senang kepada percakapan dan pengerjaan yang pulasan.
15
Mediator. Secara konsisten mencari peranan merukunkan pertikaiansupaya bisa menghindari konflik.
Musical. Ikut serta atau punya apresiasi mendalam untuk musik, punya komitmen terhadap musik sebagai bentuk seni, bukanya kesenangan pertunjukan.
Mover. Terdorong oleh keperluan untuk produktif, pemimpin yang diikuti orng lain, merasa sulit duduk diam-diam.
Mixes easily. Menyukai pesta dan tidak bisa menunggu untuk bertemu dengan setiap orang dalam ruangan, tidak pernah menggap orang lain asing. 
16
Thoughtful. Orang yang tanggap dan mengigat kesempatan istimewa dan cepat memberikan isyarat yang baik.
Tenacious. Memegang teguh, dengan keras kepala, dan idak mau melepaskan sampai tujuan tercapai.
Talker. Terus –menerus bicara, biasanya menceritakan kisah lucu dan menghibur setiap orang di sekelilingnya, merasa perlu mengisi kesunyian supaya membuat orang lain merasa senang
Tolerant. Mudah menerima pemikiran dan cara cara orang lain tanpa perlu tidak menyetujui atau mengubahnya.
17.
Listener. Selalu bersedia mendengar apa yang anda katakan
Loyal. Setia kepada seseorang, gagasan, atau pekerjaan, kadang2 melampaui alasan
Leader. Pemberi pengarahan karena pembawaan, yang terdorong untuk memimpin, dan sering merasa sulit mempercayai bahwa orang lain bisa melakukan pekerjaan dengan sama baiknya.
Lively. Penuh kehidupan, kuat, penuh semangat.
18.
Contented. Mudah puas dengan apa yang dimilikinya, jarang iri hati.
Chief. Memegang kepemimpinan dan mengharapkan orang lain mengikutinya
Chartmaker. Mengaur kehidupan, tugas, dan pemecahan masalah dengan membuat daftar, formulir, atau grafik.
Cute. Tak ternilai harganya, dicintai, pusat perhatian.
19.
Perfectionist. Menempatkan standart tinggi pada dirinya, dan sering pada orang lain, menginginkan segala-galanya pada urutan yang semestinya sepanjang waktu
Pleasant. Mudah bergaul, bersifat terbuka, mudah diajak bicara.
Productive. Harus terus menerus bekerja atau mencapai sesuatu, sering merasa sulit beristirahat.
Popular. Orang yang menghidupkan pesta dan dengan demikian sangat diinginkan sebagai tamu pesta.
20.
Bouncy. Kepribadian yanghidup,berlebihan penuh tenaga
Bold. Tdk kenal takut, berani, terus terang, tidak takut akan resiko
Behaved. Secara konsisten ingin membawa dirinya di dalam batas-batas apa yang dirasakan semestinya.
Balanced. Kepribadian yang stabil dan mengambil tengah-tengah, tdk mjd sasaran ketinggian atau kerendahan yang tajam.
kelemahan
21.
Blank. Orang yang memperlihatkan sedikit ekspresi wajah atau emosi.
Bashful. Menghindari perhatian, akibat rasa malu
Brassy. Orang yang suka pamer, memperlihatkan apa yang gemerlapan dan kuat, terlalu bersuara.
Bossy. Suka memerintah, mendominasi, kadang-kadang mengesalkan dalam hubungan antara orang dewasa.
22.
Undisciplined. Orang yang kurang keteraturannya mempengaruhi hampir semua bidang kehidupannya.
Unsympathetic. Merasa sulit mengenali masalah atau sakit hati atau perasaan orang lain.
Unenthusiastic. Cenderung tidak bergairah, sering merasa bahwa bagaimanapun sesuatu tidak akan berhasil.
Unforgiving. Orang yang sulit memaafkan dan melupakan sakit hati atau ketidakadilan yang dilakukan kepada mereka, biasa menyimpan dendam.
23.
Reticent. Tidak bersedia atau menolak ikut terlibat, terutama kalau rumit.
Resentful. Sering memendang rasa tidak senang sebagai akibat merasa tersinggung oleh sesuatu yang sebenarnya atau sesuatu yang dibayangkan.
Resistant. Berjuang, melawan, atau ragu-ragu menerima cara lain yang bukan caranya sendiri.
Repetitious. Menceritakan kembali kisah atau insiden untuk menghibur anda tanpa menyadari dia sudah menceritakannya beberapa kali sebelumnya, terus-menerus memerlukan sesuatu untuk dikatakan. 
24.
Fussy. Bersikeras tentang persoalan atau perincian yang tidak penting.
Fearful. Sering mengalami perasaan sangat khawatir, sedih atau gelisah.
Forgetful. Punya ingatan kurang kuat yang biasanya berkaitan dengan kurang disiplin dan tidak mau repot-repot mencatat secara mental hal-hal yang tidak menyenangkan.
Frank. Langsung, blak-blakan, tidak sungkan sungkan mengatakan kepada anda tepat apa yang dipikirkannya.
25.
Impatient. Orang yang merasa sulit bertahan untuk menghadapi kesalahan atau menunggu orang lain.
Insecure. Orang yang merasa sedih atau kurang kepercayaan
Indecisive. Orang yang merasa sulit membuat keputusan apa saja.
Interrupt. Orang yang lebih banyak bicara daripada mendengarkan, yang mulai bicara bahkan tanpa menyadari bahwa orang lain sudah bicara.
26.
Unpopular. Orang yang intensitas dan tuntutannya akan kesempurnaan bisa membuat orang lain menjauhinya
Uninvolved. Tidak punya keinginan untuk mendengarkan atau tertarik kepada perkumpulan, kelompok, aktivitas, atau kehidupan orang lain.
Unpredictable. Bisa bergairah sesaat dan sedih pada saat berikutnya, atau bersedia membantu tetapi kemudian menghilang, atau berjanji akan datang tapi kemudian lupa untuk muncul
Unaffectionate. Merasa sulit secara lisan atau fisik memperlihatkan kasih sayang dengan terbuka.
27.
Headstrong. Bersikeras memaksakan caranya sendiri.
Haphazard. Tidak punya cara yang konsisten untuk melakukan banyak hal
Hard to please. Orang yang standarnya ditetapkan begitu tinggi sehingga orang lain sulit memuaskannya.
Hesitant. Lambat dalam bergerak dan sulit ikut terlibat.
28.
Plain. Kepribadian tengah-tengah tanpa tinggi rendah dan tidak memperlihatkan banyak emosi, kalau ada.
Pessimistic. Sementara mengharapkan yang terbaik, orang ini biasanya melihat sisi buruk suatu situasi lebih dahulu
Proud. Orang yang punya harga diri tinggi dan menganggap dirinya selalu benar serta orang terbaik untuk pekerjaan.
Permissive. Memperbolehkan orang lain melakukan apa saja sesukanya untuk menghindari dirinya tidak disukai.
29.
Angered easily. Orang yang perangainya seperti anak2 yang mengutarakan diri dengan ngambek dan berbuat berlebihan serta melupakannya hampir seketika.
Aimless. Bukan orang yang menetapkan tujuan dan tidak ingin menjadi orang yang seperi itu.
Argumentative. Mengorbankan perdebatan karena biasanya dia benar, tidak peduli bagaimana situasinya.
Alienated. Mudah merasa terasing dari orang lain, sering karena rasa tidak aman atau takut jangan2 orang lain tidak benar2 senang bersamanya.
30.
Naive. Perspektif yang sederhana dan kekanak-kanakan, kurang bijaksana atau pengertian tentang tingkat kehidupan yang lebih mendalam
Negative attitude. Orang yang sikapnya jarang positif dan sering hanya bisa melihat sisi buruk atau gelap dari setiap situasi.
Nervy. Penuh keyakinan, semangat, dan keberanian, sering dalam pengertian negatif
Nonchalant. Mudah bergaul, tidak peduli, masa bodoh.
31. 
Worrier. Secara konsistent merasa tidak tetap, terganggu atau resah
Withdrawn. Orang yang menarik diri dan memerlukan banyak waktu untuk sendirian atau mengasingkan diri.
Workaholic. Orang yang menetapkan tujuan secara agresif serta harus terus-menerus produktif dan merasa bersalah kalau istirahat, tidak terdorong oleh keperluan untuk sempurna atau tuntas tetapi kebutuhan untuk pencapaian dan imbalan.
Wants credit. Merasa senang mendapat penghargaan atau persetujuan orang lain. Sebagai penghibur orang ini menyukai tepuktangan, tertawa, dan atau penerimaan penonton.
32.
Too sensitive. Terlalu introspektif dan mudah tersinggung kalau disalahpahami
Tactless. Kadang2 menyatakan dirinya dengan cara yang agak menyinggung perasaan dan kurang pertimbangan
Timid. Mundur dari situasi sulit.
Talkative. Pembicara yang menghibur dan memaksa diri yang merasa sulit mendengarkan.
33.
Doubtful. Mempunyai ciri khas selalu tidak tetap dan kurang keyakinan bahwa suatu akan berhasil
Disorganized. Kurang kemampuan untuk membuat kehidupan teratur.
Domineering. Dengan memaksa mengambil kontrol atas situasi dan orang lain, biasanya dengan mengatakan kepada orang lain apa yang harus mereka lakukan.
Depressed. Orang yang hampir sepanjang waktu merasa tertekan.
34.
Inconsistent. Tidak menentu, serba berlawanan, dengantindakan dan emosi yang tidak berdasarkan logika.
Introvert. Orang yang pemikiran dan perhatiannya ditujukan ke dalam, hidup di dalam dirinya sendiri.
Intolerant. Tampaknya tidak bisa tahan atau menerima sikap, pandangan, atau cara orang lain.
Indifferent. Orang yang merasa bahwa kebanyakan hal tidak penting dalam satu atau lain cara.
35.
Messy. Hidup dalam keadaan tidak teratur, tidak bisa menemukan banyak benda.
Moody. Tidak mempunyai emosi yang tinggi, tetapi biasanya semangatnya merosot sekali, sering kalau merasa tidak dihargai.
Mumbles. Bicara pelan kalau didesak, tidak mau repot-repot bicara dengan jelas.
Manipulative. Mempengaruhi atau mengurus dengan cerdik atau penuh tipu muslihat demi keuntungan sendiri. Dan dengan suatu cara akan bisa memaksakan kehendaknya.
36.
Slow. Tidak sering bertindak atau berpikir dengan cepat, sangat mengganggu.
Stubborn. Bertekad memaksakan kehendaknya, tidak mudah dibujuk, keras kepala.
Show-off. Perlu menjadi pusat perhatian, ingin dilihat.
Skeptical. Tidak mudah percaya, mempertanyakan motif di balik kata-kata.
37.
Loner.memerlukan banyak waktu pribadi dan cenderung menghindari orang lain.
Lord over. Tidak ragu2 mengatakan kepada anda bahwa dia benar atau memegang kendali.
Lazy. Menilai pekerjaan atau kegiatan dengan ukuran berapa banyak tenaga yang diperlukannya.
Loud. Orang yang tertawa atau suaranya bisa didengar diatas suara lainnya dalam ruangan.
38. 
Sluggish. Lambat untuk memulai, perlu dorongan untuk termotivasi.
Suspicious. Cenderung mencurigai atau tidak mempercayai gagasan atau orang lain
Short tempered. Punya kemarahan yang menuntut berdasarkan ketidaksabaran dan sumbu yang pendek. Kemarahan dinyatakan ketika orang lain tidak bergerak cukup cepat atau tidak menyelesaikan apa yang diperintahkan kepada mereka.
Scatterbrained. Tdk punya kekuatan untuk berkonsentrasi atau menaruh perhatian, pikiraannya berubah-ubah.
39.
Revengeful. Secara sadar atau tidak menyimpan dendam dan menghukum orang yang melanggar sering diam2 menahan persahabatan atau kasih sayang
Restless. Menyukai kegiatan baru terus-menerus karena tidak merasa senang melakukan hal yang sama sepanjang waktu
Reluctant. Tidak bersedia atau melawan keharusan ikut terlibat.
Rash. Bisa bertindak tergesa-gesa tanpa memikirkan dengan tuntas, biasanya karena ketidaksabaran
40.
Compromising. Sering mengendurkan pendiriannya, bahkan ketika dia benar, untuk menghindari konflik
Critical. Selalu mengevaluasi dan membuat penilaian sering memikirkan atau menyatakan reaksi negatif
Crafty. Cerdik orang yang selalu bisa menemukan cara untuk mencapai tujuan yang diinginkan
Changeable. Rentang perhatian yang kekanak-kanakan dan pendek yang memerlukan banyak perubahan dan variasi supaya tidak merasa bosan.
Share this article :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger