Home » » ~Dikira Tidak BerTuhan.~

~Dikira Tidak BerTuhan.~

Written By Regina Kim on Sabtu, 09 Juli 2011 | 17.12

Pada tahun 2000, saat saya sedang duduk sendiri diantara bangku2 di ruang tunggu Bandara Juanda, Surabaya, menunggu pesawat menuju Banjarmasin, ada seorang pria yang berjalan kearah saya. Matanya tertuju kepada saya. Pria itu duduk di sebelah saya. Ia menyapa dan membuka pertanyaan dengan kalimat, "Anda Hindu atau Buddha?"
Saya jawab, "Buddhist" Lalu pria itu bertanya, "Apakah Buddhist mengenal Tuhan?" Saya bergurau di kepala, "Ini tanya, apa mau ngetes?"

Ini memang pertanyaan umum. Pertanyaan mudah, tapi sulit menerangkan jawabannya. Karena, konsep Buddhist ttg Tuhan, berbeda dari umumnya.

Saya menjawab, bahwa Buddhist juga mengenal konsep ke Tuhanan. Karena, dalam agama Buddha ada konsep Nibbana, sebagai tujuan yang hendak dicapai. Tidak perlu diragukan, jawaban saya pasti membuat pria itu pusing...! Jangankan pria itu yang beda keyakinan, umat Buddha sendiri juga masih ada yang belum paham? Betul tidak? Ayo...jujur!

Melihat pria itu masih bingung, saya menjelaskan lagi, bahwa dalam konsep Buddhist, Tuhan itu berbeda dengan konsep umum. Misalnya kita bicara ttg "ada", itu ada 3 tahapan.

Pertama, Ada, karena ada yang membuat atau menciptakan.
Kedua, Ada, yang tidak ada yang membuat atau menciptakan, tapi disebabkan.
Ketiga, Ada, yang tidak dibuat, diciptakan, juga disebabkan.

"Ada" karena dibuat, atau diciptakan. Itu hal2 duniawi. Contohnya meja, karena yang ada di depan kami saat itu adalah meja.

Kedua, "Ada" yang tidak dibuat, dan tidak diciptakan tapi disebabkan. Itu berupa Hukum Kebenaran Sebab Akibat.
Kalau meja ini dibuat, kolong meja tidak ada yang membuat. Tapi kolong meja itu ada.
Apakah kita katakan meja yang menciptakan kolong meja?

Penjelasan ini, membuat pria itu mengernyitkan alisnya tanda berpikir. Dan, sayapun menambahkan, "tidak tepat dikatakan meja sebagai pencipta kolong meja. Tapi meja sebagai penyebab adanya kolong meja."
Pria itu mengangguk sambil tersenyum.

Nah, karena masih ada 1 lagi tahapan pemahaman, saya melanjutkan, "Ada jenis ketiga, ini adalah ada karena tidak ada yang menciptakan, tidak ada yang membuat, dan tidak ada yang menyebabkan. Itulah Nibbana. Itulah konsep Tuhan dalam agama Buddha."

Pria itu mengangguk, sambil senyum dia berkata, "Waduh pak, ternyata dalam juga ajaran Buddha."
Sekarang ganti saya yang tersenyum. Tidak lama kemudian, sayapun diundang masuk pesawat.
"Permisi pak..."
"Ya sampai bertemu lagi."
Percakapan inipun selesai sudah...
Share this article :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger