Home » » Kisah Tentang Menghormati Orang Lain (Jiang Xin Bi Yin)

Kisah Tentang Menghormati Orang Lain (Jiang Xin Bi Yin)

Written By Kim Regina on Rabu, 21 November 2012 | 01.50


Pada zaman Nan Bei (utara dan selatan), ada seorang yang sangat terkenal kepandaiannya, bernama Lu Hui Xiao.
Pengetahuannya luas, hikmatnya sangat dalam sehingga banyak orang dari berbagai daerah mencarinya untuk meminta pertimbangan dan nasihat. Jika ada persoalan-persoalan yang sulit dipecahkan, mereka umumnya datang kepada Lu Hui Xiao dan mendapat jawaban dan jalan keluar yang baik. Karena itu namanya makin lama makin terkenal. Namun, ketenarannya tidak membuat dirinya sombong, ia malah menampilkan karakter yang sangat baik dan begitu sopan terhadap semua orang, tidak terkecuali orang yang dianggap oleh orang lain sebagai orang yang taka pantas dihormati.

Moral, karakter dan keahlian yang dimilikinya telah mengantarnya pada kedudukan yang sangat tinggi di dalam kerajaan dan sangat dalam di hati masyarakat. Namun, ia tetaplah Lu Hui Xiao yang penuh budi pekerti dan sopan santun.

Suatu hari di dekat rumah Lu Hui Xiao ada orang tua yang sangat kotor penampilannya. Bukan hanya itu, orang itu tampak seperti tidak berpendidikan sama sekali. Orang-orang yang melihatnya mencibir dan mengejeknya. Mereka merasa orang tua itu tak pantas masuk daerah mereka. Karena penduduk daerah itu tidak begitu senang akan kehadirannya, maka mereka bertanya kepadanya, "Mau apa kamu datang ke daerah ini?"

Orang tua itu pun menjawab, "Aku datang kesini untuk mencari Lu Hui Xiao."

Mendengar jawaban itu, orang-orang merasa bahwa orang tua ini tidak pantas bertemu Lu Hui Xiao. Mereka bahkan berusaha dengan halus mengusirnya. Namun, karena Lu Hui Xiao adalah orang yang paling penting di daerah itu dalam memutuskan sesuatu, maka mereka pun menemui Lu Hui Xiao dan berkata,
"Diluar sana ada seorang tua yang hendak menemuimu. Kami pikir orang itu tidak pantas menemuimu,
jadi biarkanlah kami menyuruhnya pergi dari daerah kita."

Tanpa disangka-sangka Lu Hui Xiao justru keluar menyambut orang tua itu. Dengan sangat ramah ia mempersilahkan orang tua itu masuk ke rumahnya dan ia memerintahkan pegawainya untuk menghidangkan teh baginya. Menghidangkan teh bagi tamu adalah budaya orang di negeri China dalam menghormati seseorang.

Setelah teh dan semua jamuan teh ada di meja, Lu Hui Xiao sendiri yang menemani dan menjamu orang tua itu. Ternyata orang tua itu adalah tetangganya di desa dan teman baik orang tuanya. Lu Hui Xiao pun bertanya, "Paman, ada yang bisa saya bantu?"

Orang tua itu menjawab, "Tidak perlu, saya hendak melakukan perjalanan dan harus melintasi daerah ini, jadi saya mampir sejenak untuk melihatmu. Apalagi orang tuamu sudah berpesan untuk melihat keadaanmu. Jadi, saya kesini juga untuk memenuhi pesan orang tuamu."

Setelah minum teh, Lu Hui Xiao menjamunya dengan makanan yang enak dan lezat, sementara diluar ruangan banyak orang yang tidak habis pikir mengapa Lu Hui Xiao menyia-nyiakan waktu dengan menyambut dan menjamu orang tua itu. Setelah makan dan berbincang-bincang, Lu Hui Xiao mengantarkan orang tua itu ke luar untuk melanjutkan perjalanannya.

Setelah itu Lu Hui Xiao memanggil semua pegawainya dan orang-orang yang sudah mencibir orang tua tersebut. Ia berkata, "Orang tua itu adalah orang sedesa dengan saya yang hendak pergi ke tempat yang jauh. Walaupun demikian, ia masih menyempatkan diri untuk mampir dan melihat saya karena sudah berjanji kepada orang tua saya untuk menemui dan melihat keadaan saya. Ia pasti juga sudah makan debu dan bersusah-susah untuk bisa sampai kemari.

Jika saya tidak menemuinya, saya jadi orang yang tidak tahu sopan santun terhadap orang tua dan itu tidak baik. Saya sendiri tidak suka jika orang tidak hormat dan tidak sopan terhadap saya,karena itu saya berusaha sopan dan hormat terhadap orang lain, tidak peduli apakah ia punya kedudukan tinggi atau rendah,
berpenampilan bersih atau kotor! Saya sarankan agar kita tetap bisa sopan dan hormat kepada semua orang, termasuk kepada orang yang kita anggap tidak pantas kita terima, karena semua orang akan senang menerima sikap hormat dan sopan kita.
Terutama kita pun akan senang dihargai oleh orang dibawah kita maupun orang yang jauh diatas kita."

Sejak saat itu semua pegawai dan penduduk daerah tersebut selalu berusaha menghormati semua orang dengan tidak melihat penampilan luarnya.

RENUNGAN:
Orang bijak akan bersikap hormati dan sopan kepada orang lain dengan tidak melihat penampilan luar seseorang. Sikan hormat dan sopan sangat disukai oleh semua orang, begitu juga dengan kita sendiri. Bila kita menginginkan hal seperti itu, bersikaplah hormat dan sopan santun terlebih dahulu.

Sumber:
Buku 101 Kisah Bermakna dari Negeri China
The Powerfull Wisdom from Ancient Stories
Oleh: Lei Wei Ye
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

2 Desember 2016 06.39

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger