Home » » HARI KE 10 TAHUN BARU CINA - HARI ULANG TAHUN DEWA BATU

HARI KE 10 TAHUN BARU CINA - HARI ULANG TAHUN DEWA BATU

Written By Kim Regina on Rabu, 01 Februari 2012 | 01.19

Hari ke 10 Tahun Baru Cina merupakan hari ulang tahun dewa batu. Pada hari ini, dilarang untuk memindahkan setiap batu, termasuk rol batu, pabrik batu dan mortar batu, sehingga hari ini juga dikenal sebagai "Shi Bu Dong" ( artinya tidak ada batu yang bergerak ). Selain itu, juga dilarang untuk mengambil batu gunung dan membangun rumah dengan batu, atau hal-hal buruk akan terjadi pada tanaman.

Pada hari ini, setiap keluarga akan membakar dupa dan lilin untuk batu, dan memberikan kue kepada dewa batu. Di zaman kuno, hari kesepuluh Tahun Baru Cina adalah hari untuk merayakan pernikahan tikus.

Menurut legenda di daerah selatan sungai Yangtze, tikus adalah hewan yang berbahaya dan tidak beruntung, sehingga orang harus mendapatkan tikus menikah untuk memastikan tahun baru yang damai dan beruntung. Pada hari ini, keluarga tidak harus membuka setiap kotak atau lemari, dan akan pergi tidur lebih awal, supaya mereka tidak mengganggu tikus. Anak-anak akan menaruh beberapa permen dan kacang tanah di sudut-sudut rumah sebagai mas kawin untuk tikus. Gambar Tahun Baru dan kertas-potong tentang pernikahan tikus yang populer di kalangan rakyat kebanyakan di Cina.
Share this article :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger