Home » » IBARAT 5 GELAS AIR

IBARAT 5 GELAS AIR

Written By Kim Regina on Kamis, 12 Januari 2012 | 16.41

Ada lima macam sikap murid yang belajar kepada seorang guru. Kelima macam murid ini di ibaratkan dengan 5 macam gelas.



1. Gelas Pertama adalah gelas yang tertutup.

Karena tertutup gelas ini tidak tidak dapat diisi dengan apapun. Gelas ini menggambarkan sikap seseorang yang tidak mau menerima apa pun kata-kata dari siapapun.

Orang ini menganggap ajaran orang lain adalah salah, meskipun dirinya tak tahu apa yang benar. Ia tak mau menimbang dan merenungkan kata-kata orang lain.


2. Gelas Kedua adalah gelas yang sudah penuh berisi air.

Karena itu tidak dapat di isi dengan apapun. Gelas ini menggambarkan sikap seseorang yang mau mendengar, tetapi karena di dalam dirinya sudah ada ajaran yang dia percaya pasti benar, maka ajaran yang baru tak bisa masuk. Ajaran yang sudah ia dengar ini menghalangi dirinya untuk mau menimbang dan merenungkan kata-kata dari orang lain.

3. Gelas Ketiga adalah gelas yang pecah.

Karena itu sekalipun dapat diisi, gelas ini tak bisa menampung air yang dituangkan kedalamnya. Gelas ini menggambarkan seseorang yang tidak mampu mencerna ajaran. Karena itu, meskipun dia ini mau mendengar, mau merenungkan ajaran yang diterima, ada halangan kekotoran batin yang membuat dirinya tak mampu memahami ajaran. Entah itu halangan fisik, halangan mental, / kebodohan.

4. Gelas Keempat adalah gelas yang berisi kotoran.

Karena itu apapun yang dituangkan ke dalam gelas ini akan menjadi kotor. Gelas ini menggambarkan seseorang yang punya sikap jahat. Jika orang ini bertemu dengan yang lebih pandai, ia akan menjadi iri. Kalau bertemu dengan yang lebih bodoh, ia akan menghina. Kalau bertemu dengan yang setara, ia menganggapnya sebagai pesaing. Orang seperti gelas ke empat adalah tipe orang yang paling dihindari oleh seorang guru. Jika ada murid seperti ini, guru yang bijaksana akan menjauh.

5. Gelas ke Lima adalah Gelas kosong

Gelas yang bisa di isi oleh berbagi macam pengetahuan dan ini merupakan sikap seseorang yang ideal untuk belajar.
Share this article :

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger