Home » » Reticular Activating System dan Kesuksesan Anda

Reticular Activating System dan Kesuksesan Anda

Written By Kim Regina on Senin, 21 Mei 2012 | 23.42

Suatu ketika, Anda sangat menginginkan sebuah mobil Ferrarri berwarna merah dan berencana membelinya karena di daerah Anda sangat jarang sekali ditemukan mobil yang sama. Ketika Anda membelinya dan mengendarainya di jalanan, tiba-tiba Anda kaget.

Anda ternyata menemukan banyak sekali mobil Ferrarri berwarna merah, sama seperti milik Anda!

Itulah hasil dari Reticular Activating System (RAS) / sistem pengaktifan retikuler di otak Anda.

Saya memang bukan seorang ahli dalam bidang ini, jadi sebaiknya Anda melihat penjelasan selengkapnya di Wikipedia. Namun, secara sederhana RAS adalah suatu bagian dalam otak yang bisa meningkatkan perhatian (attention) dan kewaspadaan (alertness) Anda.

The reticular activating system also helps mediate transitions from relaxed wakefulness to periods of high attention.

Dahulu, Anda pasti jarang sekali mendengar berita tentang seorang balita yang merokok. Tapi, baru-baru ini media ternyata kerap memunculkan balita-balita yang merokok. Ketika satu kasus sudah selesai, ternyata masih banyak ditemukan kasus-kasus lain.

Saya pikir ini juga adalah akibat dari RAS para insan media :-)

Kewaspadaan mereka meningkat untuk kasus tersebut, kemudian mereka meliputnya, dan pemirsa televisi menyukainya sehingga mereka menjadi pusat perhatian.

Lalu apa hubungannya dengan kesuksesan atau pengembangan diri Anda?

Jika Anda pernah membaca tulisan “Apakah Anda Melihat Peluang?” saya telah memberi contoh bahwa ketika Anda benar-benar jeli melihat peluang, maka Anda akan lebih sering menemukannya dibanding ketika Anda hanya cuek saja.

Selain itu, Anthony Robbins menyebutkan dalam Awaken The Giant Within bahwa:

Once you decide that something is a priority, you give it tremendous emotional intensity, and by continually focusing on it, any resource that supports its attainment will eventually become clear

Artinya, jika Anda memutuskan bahwa sesuatu sebagai prioritas, maka anda akan memiliki suatu intensitas emosional yang begitu besar, sehingga ketika Anda terus fokus pada hal tersebut, maka apapun yang bisa mendukung pencapaiannya akan menjadi jelas.

Misalnya, Anda ingin sekali membeli rumah baru. Karena Anda terus fokus pada hal tersebut, maka akan ada suatu intensitas emosional yang timbul dalam diri Anda, sehingga cara-cara agar Anda bisa membeli rumah pun muncul (diambil cara yang halal tentunya). Padahal dahulu cara-cara tersebut tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Satu lagi, Anda bisa memanfaatkan RAS Anda untuk member afirmasi positif pada diri Anda sendiri. Anda bisa terus member pesan-pesan positif yang bisa membangun diri Anda, sehingga Anda akan lebih sering menemukan hal-hal positif lain yang bisa berdampak pada kemajuan Anda.
Share this article :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger