Home » » KISAH 3 KUNCI KEBAHAGIAAN

KISAH 3 KUNCI KEBAHAGIAAN

Written By Kim Regina on Minggu, 17 Maret 2013 | 20.07


Jaman dahulu ada seorang perempuan yang mudah sekali terpancing amarah karena urusan sepele sekalipun. Dia menyadari kekurangannya ini, maka dia mengunjungi vihara dimana dia berharap bertemu dengan bhiksu kepala untuk mendapatkan siraman rohani , siapa tahu tabiatnya akan menjadi lebih baik.!

Bhiksu setelah mendengarkan penuturannya, tanpa sepatah kata menggiringnya ke dalam sebuah ruang perenungan. Dengan meninggalkan sendiri wanita itu dalam ruang, bhiksu menguncinya dari luar!

Itu sama sekali diluar dugaan wanita itu, dengan cepat meledaklah amarahnya ! Sambil berjingkrak-jingkrak dia mengomel keras. Setelah lelah mengomel, wanita itu mulai merengek-rengek, namun bhiksu itu sama sekali tidak menghiraukannya ! Wanita itu akhirnya diam.

Tidak lama kemudian bhiksu itu kembali ke depan pintu dan bertanya : " Apa kamu masih marah ? "

Perempuan itu menjawab : " Saya hanya marah pada diri saya sendiri, kok begitu bodoh datang kesini untuk menjalani hukuman ini ! "

" Orang yang bahkan dirinya sendiri saja tidak bisa memaafkan, mana bisa hatinya sejuk bagaikan air tenang ? " Bhiksu itu berlalu pergi sambil mengayunkan jubahnya.

Sesaat kemudian bhiksu kembali lagi dan bertanya : " Masih marah ? "

" Tidak. " jawab perempuan itu.

"Mengapa ? "

" Marah juga tidak ada gunanya ! "

" Kalau begitu, amarahmu sebenarnya masih belum hilang, karena masih di tekan dan tersimpan dalam hati. Bila nanti meledak akan jauh lebih dahsyat lagi ."

Lewat beberapa saat, bhiksu itu datang kembali untuk ke tiga kalinya. Wanita itu menyambutnya sambil memberitahukan : " Saya tidak marah lagi karena tidak patut marah ! "

" Masih tahu patut dan tidak patut, dalam hatimu masih terlihat adanya pertimbangan-pertimbangan. Kamu masih menyimpan akar amarah ! " Bhiksu itu menjawab sambil tertawa.

Ketika matahari senja menyinari bhiksu yang berdiri didepan pintu, wanita itu bertanya lagi : " Guru Besar, apa itu amarah ? "

Bhiksu itu menjawab dengan perlahan-lahan menumpahkan air teh dari gelas yang dipegangnya keatas tanah. Perempuan itu memandangi adegan itu cukup lama................ tiba-tiba dia mengerti apa yang hendak disampaikan sang guru kepadanya. Kemudian dia pamit dan pulang.

Buat apa susah-susah mau marah-marah ? Amarah itu "benda" yang dibuang dan dilemparkan orang lain untuk kita, yang kita terima dan telan membuat kita kesal marah mau muntah ! Namun bila kita abaikan dan campakkan, "benda " itu dengan sendirinya akan terbang buyar hilang.

Marah-marah adalah perbuatan bodoh karena menimpakan kesalahan orang lain untuk menghukum diri kita sendiri ! Kebahagiaan dan kegembiraan dalam hidup ini begitu melimpah ruah untuk dinikmati, buat apa buang-buang waktu untuk marah-marah !

Menjadi orang baik sebenarnya cukup mudah, memiliki hati gembira sebenarnya juga sangat sederhana ! Barangkali 3 kunci dibawah ini dapat membantu :
( 1 ) Jangan menghukum diri sendiri dengan kesalahan yang dibuat sendiri !
( 2 ) Jangan menghukum orang lain dengan kesalahan kita !
( 3 ) Jangan menghukum diri sendiri dengan kesalahan yang diperbuat orang lain !

Kiranya ke 3 bisikan hati yang sangat polos ini, boleh kita jadikan kunci membuka kebahagiaan hidup !
Share this article :

+ komentar + 2 komentar

30 November 2016 05.05

KISAH SUKSES
Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang Pengusaha Butik yg Sukses, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, Suami pun meninggalkan saya, dan ditengah himpitan ekonomi seperti ini, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI SYEH MAULANA Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari, Alhamdulilah benar benar terbukti dan, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda, saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui Ritual Penarikan Dana Hibah AKI ZYEH MAULANA saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI ZYEH MAULANA Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, jika anda ingin seperti saya silahkan Lihat No Tlp Aki Di website/internet ~>KLIK DISINI<~ Wassalam

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger