Home » » KISAH DEWA PINTU (MEN SHEN)

KISAH DEWA PINTU (MEN SHEN)

Written By Regina Kim on Selasa, 10 Juni 2014 | 22.17


Sejarahnya berawal pada zaman Dinasti Tang, ketika itu Raja Tang Thai Zhong mengerahkan pasukannya untuk membasmi seekor monster ular raksasa yang selalu menyebabkan malapetaka di sungai Jing.

Setelah kejadian itu, Sang Raja merasa selalu dikejar-kejar setannya monster yang telah dibinasakan itu, sehingga menderita insomnia (sulit tidur). Beliau takut dan selalu khawatir kalau monster itu akan datang dalam wujud hantu untuk menuntut balas dendam kepadanya. Hampir setiap malam beliau selalu merasa ada suara-suara aneh didepan pintu kamar tidurnya.

Karena sudah tidak tahan lagi, maka Tang Thay Zhong menceritakan masalahnya kepada semua penasehatnya. Mendengar Sang Raja dalam kesulitan, seorang Jenderal bernama Qing Shu mengajukan diri sambil berucap lantang, “Paduka jangan kuatir, sebagai jenderal Perang, hamba bersama Jenderal Wei Chi Gong siap menjaga didepan kamar tidur paduka settap malamnya”.

Dan benar-benar sungguh ajaib, malam itu juga, Raja langsung bisa tidur nyenyak sepanjang malam. Setelah dijaga beberapa malam. raja merasa tidak perlu menyusahkan kedua jenderalnya lagi; beliau mendapat sebuah ide.

Raja menitahkan seorang pelukis untuk melukis gambar kedua jenderalnya itu diatas kertas merah sebanyak puluhan pasang. Kemudian setiap pintu kamar istana kerajaan ditempeli gambar sepasang jenderal kesayangannya itu. Dengan maksud untuk mengusir segala roh jahat dan segala kesialan.

Bertahun-tahun kemudian, hal ini menyebar sampai ke dalam kehidupan masyarakat diluar istana kerajaan. Akhirnya masyarakat pun menggambar kedua jenderal itu untuk dipuja sebagai Dewa Pintu (Men Shen) di masing-masing pintu besar rumah mereka. Tujuannya adalah untuk memohon keselamatan/perlindungan dan keharmonisan dalam rumah tangga.

RENUNGAN:
Terkadang dari sugesti bisa membuat diri Qta menjadi tenang dan niscaya terkabul. Kembangkan sugesti baik pada diri Qta masing2.
Share this article :

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Creating Website | Kisah Motivasi Hidup | Kisah Motivasi Hidup
Copyright © 2011. Kisah Motivasi Hidup - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Kisah Motivasi Hidup
Proudly powered by Blogger